Profil Akademik S2 Teknologi Pendidikan UNESA
Pimpinan
Ketua Program Studi | : | Dr. H. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd. |
Sekretaris | : | Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. |
Visi
Menjadi program studi unggulan di Indonesia timur yang mampu mengembangkan teori dan praktek dalam bidang teknologi pendidikan dan menghasilkan teknolog pendidikan yang handal dalam memecahkan masalah pendidikan/ pembelajaran pada tahun 2026
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas dalam rangka pengkajian teori dan praktek bidang teknologi pendidikan.
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas dalam rangka menyiapkan teknolog pendidikan yang mampu mengembangkan sistem pembelajaran sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi.
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk menyiapkan teknolog pendidikan yang mampu menyelesaikan masalah pembelajaran melalui desain pembelajaran yang tepat dengan kebutuhan belajar sebagai bidang keunggulan.
- Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas dalam rangka pengembangan dan praktek bidang teknologi pendidikan.
- Melaksanakan kerja sama dengan instansi negeri, swasta dalam negeri dan luar negeri untuk pemanfaatan dan pengembangan teknologi pendidikan.
- Mengembangkan dan menyebarluaskan bidang teknologi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penyelenggaraan program-program pendidikan dan pelatihan sesuai kebutuhan masyarakat
Tujuan
- Menyiapkan teknolog pendidikan yang mampu melakukan kajian teori dan praktek bidang teknologi pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.
- Menyiapkan teknolog pendidikan yang mampu meneliti dan mengembangkan teori, model, konsep, dan prinsip pembelajaran yang sesuai dengan konteks karakteristik budaya Indonesia.
- Menyiapkan tenaga pendidik yang handal dan mandiri dan mampu bekerja secara kolaboratif pada jenjang S2, S1, SMA/MA, SMK/MAK, SMP/MTs, SD/MI, dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), maupun sebagai pengelola pendidikan, pelatihan dan pengelola Sumber Belajar.
- Melakukan kegiatan penelitian di bidang teknologi pendidikan, khususnya teori dan praktek untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja melalui penciptaan, pemanfaatan dan pengelolaan proses dan sumber yang tepat.
- Mengembangkan kegiatan masyarakat di bidang teknologi pendidikan, khususnya teori dan praktek untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja melalui penciptaan, pemanfaatan dan pengelolaan proses dan sumber yang tepat.